Jumat, Maret 06, 2009

Satu tahun usia deRaf..

Hari ini, 6 Maret 2009, genap satu tahun usia deRaf.
Gak terasa ya satu tahun pertama terlewati juga. Rasanya baru kemarin saya nangis depan inkubator melihat deRaf tergolek selama kurang lbh 2bulan dengan full selang dibadannya..
Rasanya baru kemarin saya belajar pasang sonde/NGT dimulut kecil deRaf karena dd gak bisa mimi lewat botol dan mesti ganti sonde tiap 3hari sekali..
Rasanya baru kemarin, browsing tengah malam cari2 tau tentang kondisi deRaf, tentang kelainan jantung bawaan, paru2, mata dll..dsb...
Alhamdulilah, seiring waktu sedikit demi sedikit deRaf menunjukkan perbaikan dan perkembangan. Di usia satu tahun ini, perkembangan deRaf kurang lebih sbb :
1. Masih belajar duduk, belum bisa duduk sendiri dan stabil, masih harus menumpu.
2. Sudah bisa pegang botol sendiri klu mimi, yang pasti meringankan tugas mama pas tengah malem tuh.
3. Sudah bisa buka tutup muka pakai selimut kalau dibilang ciluk ba, sambil ktawa renyah bgt.. Kadang2 kalau kita bilang "ciluuk.." trus dd bisa bilang "ba". Masih jarang tapinya..
4. Sudah konsisten klo disuruh tepuk tangan..
5. Bablingnya tambah seru. Dah bisa membuat suara2 dari pangkal tenggorok, mulut, dan dari bibir/sembur2. Tapi mama gak tau nih, apakah ini akan berpengaruh ke kemampuan dd berbicara dan berkomunikasi nanti?
6. Dah mulai merayap, terutama untuk meraih mainan favoritnya (harus yg berlampu warna warni dan ada bunyi2nya, untungnya punya mainan2 vtech yang tempo hari dapet dari huggies itu loh..)
7. Lagi hobi bgt narik2 rambut mama, ayah dan kk. Juga ngeremek2 muka kita. Duuh sampe rambut mama banyak bgt yang ketarik tuh.
8. Mulai ngambek kalau digodain kk atau diajarin posisi baru pas terapi. Dulu mah diapa-apain diem aja.
9. Super duper kagetan. Sensitif banget kalau mendengar suara keras atau melengking. Pasti langsung nangis tuh.
10. Hobi nangis merem, bikin kita susah mau godain/mengalihkan perhatian supaya berhenti nangis.
11. Mata terlihat ada perkembangan, lebih fokus, respon dan nystagmus-nya mulai berkurang. Belum cek ulang lagi, sudah daftar di Dr. Rini Mahendra, tapi waiting list-nya lama beneer.
12. Masih jago kandang, kalo ditempat baru atw liat wajah baru ya masih dieem, jebi dan nangis. Duuh, padahal kan mama pengen show off deRaf dah makin pinter, eh dd malah diem.. hehe..

Doa kami semoga deRaf selalu diberi kesehatan oleh Allah Swt, menjadi anak yang sholeh, makin pinter dan bisa mandiri ya..
Terima kasih untuk satu tahun pertama yang mengharukan, menegangkan dan menggembirakan.. Terimakasih dd telah membuat mama belajar banyak hal yang sebelumnya mama tidak tahu..
Terimakasih Allah sudah menghadirkan deRaf kedalam keluarga kami..
Semoga kami mampu menjaga amanah-Mu.
Amin.
Selamat ulang tahun yang pertama anakku. Can't wait to see you grow up!
Love and kisses from mama, ayah n kkRif.

Tidak ada komentar: