Senin, Januari 19, 2009

Antara musim hujan, batuk dan Nebulizer..

Sekarang sepertinya udah mulai musim hujan ya? Di tempat tinggal saya, Ciledug-yang terkenal sering banjir dikala hujan, tapi untungnya daerah rumah gak pernah banjir- udah sering turun hujan dan cuaca mendung dung seharian. Wah, cucian jadi lama kering deh..
Kalau udah masuk musim ujan gini biasanya penyakit dah mulai bermunculan, terutama batuk pilek/flu. Minggu2 lalu waktu libur panjang di bandung itu, saya juga kena tuh. Awalnya cuma pilek, besoknya jadi batuk, dan besoknya tiba2 sesak nafas.. Sejak pagi saya merasa aneh, karena hidung gak mampet tapi kok sesak. Siangnya sesak tambah parah, sampai saya merasa untuk ngobrol/bicara aja saya sampe terengah-engah. Akhirnya saya minum obat flu, lalu istirahat sebentar. Walau masih sedikit sesak, tapi pada waktu itu, saya mesti beres2 pakaian dan barang, karena malamnya kami berencana pulang ke ciledug. So, sambil beres2, jd agak lupa deh ama si sesak, gak dirasain..
Diperjalanan pulang, skitar tol padalarang, serangan sesak datang lagi, lebih spekta dibanding yang tadi pagi..saya tahan aja, tapi lama2 dada sakit sekali. Makin saya berusaha menghirup udara, makin sakit dada saya. Wah, kenapa ini? Bingung, krn belum pernah seperti ini sebelumnya. Lama2 saya makin megap2,tp krn tanggung ya saya berusaha rilex aja dan berdoa smg gak ada apa2. Tadinya mikir mau langsung ke UGD aja, tapi Alhamdulillah pas masuk Jakarta, sesaknya agak mereda. Sampai rumah, saya langsung pake oksigen, to catch up my breath..dan paginya periksa ke dokter dan alhamdulilah membaik. Tapi..ternyata batpil saya menular ke deRaf. Kasihan juga jadi rewel karena hidungnya mampet. Ditambah lagi bayi kan belum bisa mengeluarkan dahak. DeRaf ini lumayan sering juga kena batpil. Makanya kami dah sedia nebulizer di rumah. Kalau oksigen sih memang punya. Dulu beli waktu deRaf belum bisa lepas oksigen.

Nebulizer yang kita punya yang biasa aja, merk Omron tipe C28. Belinya di glodok seharga 500rb-an. Banyak juga tipe lain yang lebih bagus, gak berisik dan bentuknya 'kids friendly' alias lucu2 warna n bentuk maskernya. Tapi harganya ya lebih mahal. Pilih yang tipe itu karena harganya ekonomis walaupun rada berisik ya. Untungnya kkRif n deRaf termasuk anteng kalo lagi dinebu.
Menurut saya, punya nebulizer dirumah cukup membantu juga. Karena tidak repot mesti bolak balik ke RS untuk terapi, belum lagi ngantrinya. Harga service untuk terapi nebulizer di RS pun kalau dihitung2 bisa lebih mahal tuh, apalagi anak2 kan lumayan sering kena batpil, trus trus..apalagi kalau anaknya lebih dari satu dan kompakan sakitnya, hehe.
Obat yang diperlukan biasanya bisolvon drops, ventolin dan NaCl sebagai pelarutnya. Untuk dosis jangan lupa selalu tanyakan dulu pada dokter anak kita. Setelah diuap biasanya dilanjutkan dengan menepuk-nepuk dada dan punggung anak dalam posisi tengkurap, terlentang dan miring kanan dan kiri. Kalo yang ini sih ya saya mencontoh dari cara terapisnya aja.

Anyway... punya nebulizer memang membantu, tapi kalo bisa sih pengennya anak-anak kita jangan sampai sakit ya. Untuk menghindari itu, selalu jaga kesehatan, makan makanan bergizi, jangan lupa cuci tangan, trus kalau ada yang salah satu yang sakit flu di rumah jangan dulu deket2 dan cium2 dulu hi2...
Semoga keluarga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amiin..

2 komentar:

Silvia Rahayu mengatakan...

wah kyknya royyan perlu nih .. itu naclnya bisa di beli di apotek?? beli nebulizernya di tempat2 alat kesehatan atau di mana ya klo di bandung?

rifrafmom mengatakan...

Oala bu'e, maap aku br baca komennya. Nacl bs dibeli bebas kok. Itu ky cairan yg suka dipake buat infus juga. Kalo di bandung alat kesehatan n obat2an yg rada lengkap kynya di sakura jl. Padjadjaran.