Minggu, Oktober 11, 2009

Bikin sepatu AF0


Hari kamis kemarin, sehabis jemput kkRif, kita berempat pergi ke Keanna centre di daerah cilandak untuk bikin sepatu khusus buat deRaf. Kenapa harus pake sepatu khusus? Karena setelah di observasi oleh terapisnya deRaf perlu pake sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) untuk mengoreksi bentuk kaki dan membuat postur berdiri (dan nantinya, berjalan) lebih baik. Karena telapak kaki deRaf cenderung flat, trus kalo bediri, bagian dalam telapak yg menumpu, ga stabil, trus lutut hampir beradu. Biasanya sih hanya perlu sepatu 'thomas heels' yang semata kaki aja. Tapi buat deRaf perlu pake AF0 krn pertimbangan tadi. Nanti diliat perkembangannya, kalo bentuk kaki n cara berdiri/jalan dah bagus, ya ga usah pake thomas lagi. Tapi kalo masih perlu ya mau ga mau pesan lg.
Setelah cari2 alamatnya, sampai juga kita disana. Sebelumnya udah dikasih tau bahwa harga sepatu AF0 yg terbuat dari fiber ini sekitar 600-700rb-an. Weew, mahal bgt yap? Mama n ayah aja ga pernah bli sepatu semahal itu, xixi.. Tapi apapun demi kebaikan deRaf ya pasti kami usahakan. Nantinya sepatu Afo ini mesti dimasukkan lagi ke sepatu biasa. Yaa, paling gak masih bisa ganti2 'casing' ya de.. hehe..
Keanna centre tuh ternyata tempat terapi juga. Tapi nerima membuat alat2 yang menunjang terapi. Yang bikin sepatu namanya Pa Akib (Pa syakib). Blio terapis juga. Disana ditanya dlu dd dah bisa apa aja, dites posisi duduk-berdiri. Diliat bentuk kaki. Telapak kaki di gambar dikertas. Trus langsung masuk proses 'pencetakan'. Tadinya saya pikir dicetak manual pake adonan gips. Tapi ternyata sekarang dah ada gips lembaran yah, hehe, gak gaul. Jadi lembaran gips (kaya ada kain kasa didalamnya), dicelup air bentar, trus langsung di balutkan ke kaki (betis sampai ke ujung jari kaki). Sekitar 5 menit udah kering dan cetakan dilepas. Beres deh.
Ternyata biayanya 650rb, dan selesai kurang lebih 2minggu. Mudah2an sepatu AFO nya bisa memberi banyak manfaat buat deRaf ya. Amin...

3 komentar:

Chelsie mengatakan...

Dear Mommy deRaf...
Bolehkah sy minta alamat lengkap tmpt pmbuatan spatu afo deRaf?
Sy berdomisili di kota kecil Pematangsiantar, sgt sulit menemukan tmpt pmbuatan sepatu afo ƔåϞƍ bagus utk putri sy... Gisel 2,8 thn, penderita CP. Menurut trapisnya di sini Gisel sharusnya dippakekan spatu afo krn struktur kakinya sgt tdk bgs, sering jinjit, walau dia blm bs brjln, tapi hrs diantisipasi sejak dini agar kelak jlnnya bgs.
Kalo spatu thomas tuh gimana ya? Apa beda fungsinya dgn afo?
Mohon bantuan informasinya ya Mom.
Trims...

Salam,

Mommy Gisel

rifrafmom mengatakan...

dear mama gisel...
i'm soooo sorry for the late reply.. saya jarang cek komen dan mmg jarang posting.
Alamat Keanne centre saya juga udah lupa mom.. Tapi mungkin bisa coba kontak ke Bapak syakib 0818894899. Dia yang bikin sepatu dd rafif..
Kalau sepatu thomas heels itu yang sepatu kulit semata kaki, tapi tetap di dalamnya diselipkan penahan/besi agar angkle/pergelangan kaki anak kuat dan bagus untuk menumpu. bentuknya seperti sepatu boots tapi dengan bagian ujung jari terbuka.
hope that helps...

rifrafmom mengatakan...

dear mama Gisel..
barusan saya googling dan dapet alamat Keanna centre :
Kompleks VICO. NO. 16
JL. Raya Cilandak KKO
CILANDAK 12560
Tlp. (021) 7804334
Email: equmet@yahoo.co.id
mudah2an bisa membantu...
salam tuk Gisel...